SELAMAT DATANG DI WEBSITE SEKRETARIAT DAERAH ACEH

Ini Upaya Pemerintah Aceh untuk Atasi Stunting

Kategori : Pemerintahan Jumat, 23 Agustus 2019 - Oleh jamaan

Jakarta – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, menyebutkan pemerintah Aceh punya cara mengatasi persoalan stunting yang dialami oleh anak-anak di Serambi Makkah. Salah satunya adalah menginisiasi pembentukan Rumah Gizi Gampong lewat kegiatan PKK. Tujuannya adalah untuk memprioritaskan pemberian makanan bergizi kepada balita.

“Kita juga melakukan berbagai upaya lain, di antaranya kita terus mencoba untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar dan lanjutan yang melibatkan sektor terkait termasuk tokoh agama,” kata Dyah dalam Stategic Moment of Reflection yang diselenggarakan oleh UNICEF Indonesia di hotel Ayana MidPlaza, Jakarta, Kamis 22/08.

Apa yang dilakukan pemerintah Aceh, kata Dyah adalah untuk mengatasi persoalan yang ditimbulkan pada anak di masa belia serta melindungi mereka hingga usia dewasa. Apalagi dari data yang ada disebutkan bahwa 1 dari 3 anak Aceh masih menderita stunting serta kematian ibu dan bayi yang masih tinggi.

Selain itu, Dyah berharap Peraturan Gubernur Nomor 14/2019 terkait Rumah Gizi Gampong diharapkan mampu melakukan pencegahan dan penanggulangan Stunting terintegrasi di Aceh.

Atas nama pribadi serta PKK Aceh, Dyah berterimakasih kepada Unicef. Lembaga PBB yang khsusus memberikan bantuan kemanusiaan pada anak dan ibu di negara berkembang itu telah memberikan perhatian serius serta mendukung penuh upaya pemerintah Aceh lewat PKK. Salah satu peran Unicef, kata Dyah adalah menuntaskan Pergub No 14 Tahun 2019.

“Unicef juga turun langsung melakukan kegiatan aksi di 15 kabupaten dan kota di Aceh. Itu sangat membantu kita,” kata Dyah. []