SELAMAT DATANG DI WEBSITE SEKRETARIAT DAERAH ACEH

Dedikasi Hingga Detik Terakhir Seorang Taqwallah

Kategori : Pemerintahan Jumat, 09 September 2022 - Oleh wahyudi

Banda Aceh – Dalam dunia birokrasi Aceh selama beberapa tahun belakangan, dedikasi dan etos kerja Taqwallah, birokrat yang dilantik pada 1 Agustus 2019 lalu ini tentu tidak diragukan lagi. Hari ini (Kamis, 8/9/2022) pria kelahiran Gampong Lubuk 4 Mei 1964 itu kembali memberikan contoh, bahwa kerja-kerja harus tetap dilakukan kapanpun selagi sempat.

Sebagai pimpinan ASN tertinggi di Aceh, Taqwallah tentu sudah mengetahui, bahwa dirinya akan diganti hari ini. Sebagaimana diketahui, sejak kemarin, SK Pengangkatan Bustami sebagai Sekda Aceh yang baru telah beredar di jagat maya sejak pagi, bahkan menjadi bahasan di medsos hingga warung kopi.

Namun semangat kerja Taqwallah tak surut. Tepat pukul 8.00 Wib, Taqwallah tetap membagikan SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun kepada sebanyak 1.120 ASN yang selama ini mengabdi pada sejumlah instansi Pemerintah, baik di Satuan Kerja Perangkat Aceh, di Kota Banda Aceh, di Kota Sabang dan Aceh Jaya.

Sebelumnya, pada pukul 7.30 Wib, Taqwallah bahkan masih sempat mengikuti dzikir dan do’a rutin ASN jajaran Pemerintah Aceh, yang digelar setiap hari sebelum memulai aktivitas kedinasan. Sebagaimana diketahui, dzikir dan do’a rutin ini telah rutin digelar oleh ASN jajaran Pemerintah Aceh sejak covid mewabah di seluruh dunia, dan masih diteruskan hingga kini.

Saat jarum jam mendekati pukul 10.00 Wib, atau jelang serah terima jabatan dan pelantikan, Serah Terima SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun, diambil alih oleh Staf Ahli Gubernur Aceh Iskandar Syukri, karena Taqwallah harus menuju ke lokasi acara serah terima jabatan.

Penyerahan SK langsung kepada yang bersangkutan sudah menjadi agenda rutin Sekda Aceh. Sekda mengakui, penyerahan SK langsung ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah Aceh atas dedikasi dan pengabdian yang telah dilakukan oleh para ASN di seluruh Aceh

Atas inovasi ini, Pemerintah Aceh telah mendapat apresiasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI. Pada tahun 2019 lalu, Pemerintah Aceh mendapat penghargaan Inovasi Pelayanan Serah SK Pensiun dan SK Kenaikan Pangkat dari BKN RI.

Sejak 31 Agustus lalu, Taqwallah didampingi Kepala Badan Kepegawaian Aceh melakukan kunjungan kerja ke kabupaten/kota di Aceh untuk menyerahkan SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun kepada ASN yang bersangkutan, serta mensosialisasikan Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA). GISA adalah sSebuah gerakan yang diinisiasi oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang bertujuan untuk mensosialisasikan upaya penanganan dan pencegahan stunting di Bumi Serambi Mekah.

Sampaikan Salam Perpisahan via Pesan Singkat

Kini, Sekda Aceh telah berganti. Dari seorang Taqwallah pria bergelar dokter yang memulai kariernya sebagai Kepala Puskesmas Seunuddon Aceh Utara itu kepada Bustami Hamzah, birokrat senior yang juga telah malang melintang dalam dunia birokrasi Aceh. Pria dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan Aceh itu, hari ini dilantik sebagai Sekda Aceh oleh Pj Gubernur Achmad Marzuki, tepat pukul 10.00 Wib pagi tadi di Anjong Mon Mata, komplek Meuligoe Gubernur Aceh.

Sebagai salam perpisahan, Taqwalah mengirimkan pesan via aplikasi pesan singkat Whatsapp.

“Alhamdulillah, dan terima kasih untuk kerjasamanya dalam beragam kegiatan menuju esok lebih baik lagi dan ikhtiar bersama kita memudahkan yang lain.

Saleum hormat buat staf dan keluarga. Mohon maaf jika ada kesilapan dan kekurangan.

Tuloongg – GISA – BEREH

Trims
Taqwa dan Keluarga.

Demikianlah pesan singkat suami dari Safrida Yuliani ini. Etos kerja Taqwallah tentu akan selalu diingat oleh seluruh ASN di jajaran Pemerintah Aceh. Salah satu pesan yang selalu diungkapkan oleh Taqwallah dalam banyak kesempatan tentu akan selalu diingat oleh para pejabat public di Aceh.

“Sebagai pejabat, di mana pun di tugaskan, berusahalah untuk selalu memudahkan orang lain.” Itulah pesan yang berulang kali disampaikan oleh dr Taqwallah M. Kes. Kini, Sekda Aceh telah berganti pada sosok Bustami Hamzah. Dengan segudang pengalamannya di dunia birokrasi, Bustami Hamzah tentu akan melanjutkan kinerja Taqwallah, memudahkan orang menuju hari esok yang lebih baik.

Terima kasih atas dedikasi dan etos kerja yang telah dicontohkan selama menjabat sebagai Sekda Aceh dan selamat bertugas kepada Bustami Hamzah. Dengan kerja bersama, Insya Allah, dunia birokrasi Aceh akan berjalan lebih baik lagi. (Ngah)